Rabu, 17 September 2014

Carl's Jr Creative Marketing

What's up guys, how are you?? I hope you very well. Kali ini saya akan membahas dan mengupas salah satu perusahaan yang menurut saya kreatif dalam hal pemasarannya.

Hmm, apakah anda tergiur oleh gambar burger ini? Menurut sebuah riset 70% orang akan membeli sebuah produk makanan bila gambar makanan tersebut menarik dan menggiurkan seperti gambar di samping..


Inilah salah satu cara untuk perusahaan-perusahaan makanan siap saji di luar negeri maupun di Indonesia menjual produk mereka.


Carl's Jr. Merupakan salah satu makanan cepat saji yang cukup terkenal di Amerika walaupun perusahaan ini tergolong "baru" bila dibandingkan McDonald, KFC. Burger King.

Sebelum kita membahas cara marketing creative dari Carl's Jr saya akan membahas dahulu asal mula perusahaan ini dibangun. Carl's Jr didirikan oleh Carl Karcher dan istrinya Margaret Karcher pada tahun 1941. Awalnya bisnis ini adalah restoran drive-thru tetapi setelah sukses beralih menjadi restoran siap saji dengan menu yang lebih terfokus pada menu burgernya dan terbatas. Sampai tahun 2013 Carl's Jr berhasil masuk 10 besar restoran siap saji yang memiliki cabang terbanyak di Amerika Serikat dengan lebih dari 1300 cabang.

Selain menu burger yang sangat bervariasi karena terfokus pada burger saja tidak menjual ayam goreng yang menarik perhatian saya adalah strategi marketingnya yang kreatif dibanding pesaing burger lainnya seperti Burger King, McD, dll. Carl's Jr menggunakan artis - artis Youtube yang paling populer di website berbagi video gratis tersebut, seperti NigaHiga (paling banyak di follow di youtube), iJustine, dan Smosh. Hal ini sangat menarik karena dengan semakin populernya Youtube pemasaran ini tentu lebih dapat menjangkau orang di seluruh dunia karena Youtube dapat dilihat di seluruh penjuru dunia. Selain itu mereka juga menggunakan jasa artis papan atas Paris Hilton dalam kampanye pemasaran mereka.

Di Indonesia Carl's Jr juga memakai strategi pemasaran yang sangat kreatif sehingga banyak pelanggan membeli. Salah satu caranya adalah dengan kampanye Free Friday yaitu setiap jumat akan ada paket beli satu gratis satu sesuai menu burger yang ditentukan setiap bulan menu yang gratis diganti untuk menghindari pelanggan bosan. Selain itu yang membedakan Carl's dengan yang lain tentunya minumnya yang refill dan pilih sepuasnya anda dapat mengambil minuman apa saja secara berulang-ulang.


Akhirnya sebelum saya akhiri postingan ini mari sama-sama jangan ngiler dan kita tunggu hari jumat unuk pergi ke Carl's Jr. Dan jangan lupa bila kesana budayakan kata-kata ini..


1 komentar:

  1. How to get titanium white octane from Titha Designs
    Using an alloy that titanium automatic watch gives the shapes of columbia titanium the titanium mesh shapes of stainless steel or schick quattro titanium a stainless steel core, this cerakote titanium can help you get

    BalasHapus