Rabu, 10 Desember 2014

Analisis Persaingan Di Jl. Asia Afrika

Welcome back to my blog guys,

Sekarang saya akan membahas analisis saya mengenai persaingan Mall - Mall yang terletak di Jalan Asia Afrika Jakarta.




Di Jalan Asia Afrika ini terdapat beberapa Mall yang berdekatan seperti Senayan City, Plaza Senayan, Ratu Plaza, dan STC Senayan.

Saya akhrinya masuk ke dalam Senayan City dan berikut analisis saya:

1.   Strength

Kekuatan atau keunggulan Senayan City dibanding Mall - Mall disekitarnya adalah bangunannya lebih modern karena termasuk paling baru dibangun. Tempatnya juga lebih dibuat untuk orang kalangan atas ataupun menengah atas (High Class).

Salah satu kelebihannya Mall ini juga menjadi basis dari stasiun TV SCTV, hal ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung

2.   Weakness

Kekurangan dari Senayan City menurut saya adalah tidak ada keunikan tersendiri, hampir sama dengan Mall - Mall lainnya (tidak seperti Central Park yang memiliki konsep taman di tengah Mall), tidak istimewa. Dengan model bangunan yang tidak istemewa juga orang akan lebih memilih pergi ke Grand Indonesia, Kota Kasablanca, Ciputra World, Central Park dan lainnya.

Target market yang membidik kalangan atas memiliki nilai plus minus. Minusnya Senayan City bisa kalah ramai dibanding Plaza Senayan ataupun Ratu Plaza yang target pasarnya lebih menengah bawah. Karena penduduk Jakarta yang lebih banyak golongan menengah kebawahnya

3.    Opportunities

Dengan dibukanya AFTA pada tahun 2015 otomatis pengusaha menegah atas dari luar negeri akan lebih banyak datang ke Jakarta. Dan Senayan merupakan salah satu daerah perkantoran yang strategis hal ini akan membuat mereka lebih cenderung masuk ke Senayan City dibanding Ratu Plaza dll.

4.    Threat

Threat paling berarti bagi Senayan City tentunya adalah Mall - Mall persaingnya, tetapi dengan memasang target pasar yang jelas saya pikir semua Mall di Asia Afrika tidak akan kehilangan pelanggan karena mereka memiliki target pasar yang berbeda-beda.




Demikianlah analisis saya, see you di postingan saya berikutnya!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar