Di postingan kali ini saya akan membahas tentang 9 blok bisnis modeling..
Apa saja sih 9 blok yang dimaksud??
1. Customer segments yaitu sekelompok orang / organisasi yang menjadi target pemasaran perusahaan.
2. Value propositions adalah nilai yang ditawarkan kepada pelanggan oleh perusahaan.
3. Channels adalah saluran distribusi yang digunakan oleh perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelangannya serta memberikan proposisi nilai.
4. Customer
relationship menggambarkan cara
perusahaan dalam membangun serta menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan.
5. Revenue streams menggambarkan uang tunai yang dihasilkan
perusahaan dari masing-masing segmen pelanggan.
6. Key resources menggambarkan asset terpenting yang diperlukan
agar sebuah model bisnis dapat berfungsi.
7. Key activities merujuk pada hal- hal penting yang harus dilakukan perusahaan agar
model bisnisnya dapat bekerja.
8. Key partnership merujuk pada jaringan pemasok dan mitra yang membuat model bisnis
dapat bekerja.
9. Cost structure menggambarkan semua biaya yang dikeluarkan untuk mengoperasikan model
bisnis.
Untuk memberikan penjelasan lebih lanjut saya akan memakai contoh nyatanya dalam dunia bisnis sekarang. sebelum kita lanjutkan ada baiknya anda melihat video berikut ini:
Top Coffee adalah salah satu produk dari perusahaan Wings Food (anak perusahaan Wings). Produk ini dirilis pada tahun 2012 dan hanya dalam 2 tahun produk ini sudah memberikan persaingan yang cukup berarti bagi produk Kapal Api dan Tora Bika yang sudah mendominasi kopi instan di Indonesia selama puluhan tahun.
Saya akan coba mengkupas 9 bisnis modeling produk ini..
1, Customer segments
Tim Pemasaran Wings
Food, menjelaskan, saat ini kopi merupakan industri global raksasa yang
mempekerjakan lebih dari 20 juta orang. Komoditi ini menempati urutan kedua
setelah minyak bumi, dengan lebih dari 400 miliar cangkir yang dikonsumsi
setiap tahun. Alhasil, kopi menjadi minuman paling populer di dunia setelah air
putih, target pasar yang dituju adalah semua kalangan tidak memperdulikan
gender dan usia (kecuali anak kecil)
2. Value propositions
Nilai yang ditawarkan
Top Coffee adalah keunikan rasa kopi yang merupakan campuran dari biji kopi Arabica
dengan Robusta. Selain itu Top Coffee memiliki 5 varian rasa yang berbeda
sehingga mempunyai nilai tambah tersendiri.
3. Channels
Saluran distribusi
utamanya adalah melalui supermarket, pasar tradisonal, maupun warung-warung.
Terkadang Top Coffee juga langsung turun ke lapangan dengan mengikuti
event-event besar ataupun mensponsori event-event tertentu.
4. Customer
relationship
Top Coffee sangat
terbuka dengan kritik dan saran yang diberikan oleh pelangganya. Para pelanggan
dapat memberikan masukan langsung ke website Top Coffee www.kopitop.com maupun dapat melalui telepon.
5. Revenue streams
Keuntungan yang di
dapat Top Coffee adalah dari hasil penjualan-penjualan di semua sektor
pemasaran mereka seperti di supermarket, pasar, maupun sewaktu mengadakan
event-event.
6. Key resources
Aset-aset terpenting adalah mesin pembuatan kopinya, dan menjaga
kualitas rasa kopi tersebut. Dengan terjaganya kualitas kopi maka akan menjaga
juga pelanggan untuk terus membeli produk ini.
7. Key activities
riset dan pengembangan. Sebelum meramaikan pasar kopi instan,
perusahaan melakukan riset selama 2 tahun untuk menganalisa peluang bisnis,
tren pasar, hingga karakteristik konsumen.
Setelah itu, proses pengembangan
konsep produk dimulai dari mencari diferensiasi, hingga distribusi penjualan.
Setelah itu menggandeng artis-artis dan musisi ternama untuk menjadi Ikon/Brand
Ambassador Top Coffee seperti Iwan Fals, Nikita Willy, Samuel Zylgwyn, Chelsea
Olivia, Acha Septriasa, dan Raline Shah untuk produk terbaru mereka Top White
Coffee.
Selanjutnya gencar melakukan aktivitas above the line (ATL) dan below
the line (BTL). Untuk ATL misalnya, komunikasi merek dilakukan dimedia massa
periodik baik cetak, elektronik ataupun online. Selain itu, Top Coffee juga
kerap muncul dimedia massa non-periodik seperti billboard dan brosur. Sedangkan
aktifitas BTL diselenggarakan bersamaan dengan konser Iwan Fals dibeberapa
daerah.
Aktivitas utamanya adalah branding merk Top Coffee itu sendiri supaya
familiar di telinga para penikmat kopi.
8. Key partnership
Top Coffee bermitra
dengan petani kopi untuk mendapatkan biji kopi terbaik, selain itu kerja sama
dengan Brand Ambassador mereka seperti Iwan Fals merupakan cara kerja sama yang
menguntungkan untuk Top Coffee.
9. Cost structure
Biaya terbesar yang harus dikeluarkan oleh Top Coffee adalah
biaya pemasaran mereka. Dengan sangat gencarnya melakukan iklan di semua media
untuk branding merk mereka adalah sumber utama biaya pengeluaran Top Coffee.
Sekian postingan saya kali ini semoga bermanfaat..
Sebelum keluar dari blog saya sebaiknya anda cuci mata dulu dengan yang ini......(khusus pria hehehe)
Terimakasih.. tulisannya sangat bermanfaat..
BalasHapusMy blog
My Campus