Senin, 08 Desember 2014

9 Blok Bisnis Modeling

Whassup guys,

Di postingan kali ini saya akan membahas tentang 9 blok bisnis modeling..

Apa saja sih 9 blok yang dimaksud??





1. Customer segments yaitu sekelompok orang / organisasi yang menjadi target pemasaran perusahaan. 
2. Value propositions adalah nilai yang ditawarkan kepada pelanggan oleh perusahaan.
3. Channels adalah saluran distribusi yang digunakan oleh perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelangannya serta memberikan proposisi nilai.
4. Customer relationship menggambarkan cara perusahaan dalam membangun serta menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan.
5. Revenue streams menggambarkan uang tunai yang dihasilkan perusahaan dari masing-masing segmen pelanggan.
6. Key resources menggambarkan asset terpenting yang diperlukan agar sebuah model bisnis dapat berfungsi.
7. Key activities  merujuk pada hal- hal penting yang harus dilakukan perusahaan agar model bisnisnya dapat bekerja.
8. Key partnership  merujuk pada jaringan pemasok dan mitra yang membuat model bisnis dapat bekerja.
9. Cost structure menggambarkan semua biaya yang dikeluarkan untuk mengoperasikan model bisnis.

Untuk memberikan penjelasan lebih lanjut saya akan memakai contoh nyatanya dalam dunia bisnis sekarang. sebelum kita lanjutkan ada baiknya anda melihat video berikut ini:







Top Coffee adalah salah satu produk dari perusahaan Wings Food (anak perusahaan Wings). Produk ini dirilis pada tahun 2012 dan hanya dalam 2 tahun produk ini sudah memberikan persaingan yang cukup berarti bagi produk Kapal Api dan Tora Bika yang sudah mendominasi kopi instan di Indonesia selama puluhan tahun.

Saya akan coba mengkupas 9 bisnis modeling produk ini..




1, Customer segments 
Tim Pemasaran Wings Food, menjelaskan, saat ini kopi merupakan industri global raksasa yang mempekerjakan lebih dari 20 juta orang. Komoditi ini menempati urutan kedua setelah minyak bumi, dengan lebih dari 400 miliar cangkir yang dikonsumsi setiap tahun. Alhasil, kopi menjadi minuman paling populer di dunia setelah air putih, target pasar yang dituju adalah semua kalangan tidak memperdulikan gender dan usia (kecuali anak kecil)

 2. Value propositions 
Nilai yang ditawarkan Top Coffee adalah keunikan rasa kopi yang merupakan campuran dari biji kopi Arabica dengan Robusta. Selain itu Top Coffee memiliki 5 varian rasa yang berbeda sehingga mempunyai nilai tambah tersendiri.

 3. Channels 
Saluran distribusi utamanya adalah melalui supermarket, pasar tradisonal, maupun warung-warung. Terkadang Top Coffee juga langsung turun ke lapangan dengan mengikuti event-event besar ataupun mensponsori event-event tertentu.

4. Customer relationship 
Top Coffee sangat terbuka dengan kritik dan saran yang diberikan oleh pelangganya. Para pelanggan dapat memberikan masukan langsung ke website Top Coffee www.kopitop.com maupun dapat melalui telepon.

 5. Revenue streams 
Keuntungan yang di dapat Top Coffee adalah dari hasil penjualan-penjualan di semua sektor pemasaran mereka seperti di supermarket, pasar, maupun sewaktu mengadakan event-event.

6. Key resources 
Aset-aset terpenting adalah mesin pembuatan kopinya, dan menjaga kualitas rasa kopi tersebut. Dengan terjaganya kualitas kopi maka akan menjaga juga pelanggan untuk terus membeli produk ini.

7. Key activities  
riset dan pengembangan. Sebelum meramaikan pasar kopi instan, perusahaan melakukan riset selama 2 tahun untuk menganalisa peluang bisnis, tren pasar, hingga karakteristik konsumen. 
Setelah itu, proses pengembangan konsep produk dimulai dari mencari diferensiasi, hingga distribusi penjualan. Setelah itu menggandeng artis-artis dan musisi ternama untuk menjadi Ikon/Brand Ambassador Top Coffee seperti Iwan Fals, Nikita Willy, Samuel Zylgwyn, Chelsea Olivia, Acha Septriasa, dan Raline Shah untuk produk terbaru mereka Top White Coffee. 
Selanjutnya gencar melakukan aktivitas above the line (ATL) dan below the line (BTL). Untuk ATL misalnya, komunikasi merek dilakukan dimedia massa periodik baik cetak, elektronik ataupun online. Selain itu, Top Coffee juga kerap muncul dimedia massa non-periodik seperti billboard dan brosur. Sedangkan aktifitas BTL diselenggarakan bersamaan dengan konser Iwan Fals dibeberapa daerah. 
Aktivitas utamanya adalah branding merk Top Coffee itu sendiri supaya familiar di telinga para penikmat kopi.

8. Key partnership  
Top Coffee bermitra dengan petani kopi untuk mendapatkan biji kopi terbaik, selain itu kerja sama dengan Brand Ambassador mereka seperti Iwan Fals merupakan cara kerja sama yang menguntungkan untuk Top Coffee.

9. Cost structure 
Biaya terbesar yang harus dikeluarkan oleh Top Coffee adalah biaya pemasaran mereka. Dengan sangat gencarnya melakukan iklan di semua media untuk branding merk mereka adalah sumber utama biaya pengeluaran Top Coffee.

Sekian postingan saya kali ini semoga bermanfaat..
Sebelum keluar dari blog saya sebaiknya anda cuci mata dulu dengan yang ini......(khusus pria hehehe)




1 komentar: